Download

Senin, 09 Mei 2011

Isi Ulang Baterai Ponsel Bisa Dengan Suara

Isi Ulang Baterai Ponsel Bisa Dengan Suara
technewsdaily.com
TIM ilmuwan Korea  merancang sebuah gadget yang membantu pengisian ulang baterai ponsel hanya dengan berbicara.

Teknologi ini mengubah suara saat percakapan sedang berlangsung di ponsel menjadi listrik. Semakin besar volume suara, menghasilkan daya pengisian ulang yang besar juga.

Namun ada kekhawatiran pada teknologi ini, karena penggunaan ponsel di tempat umum dengan suara yang terlalu besar bisa mengganggu.

Teknologi suara ini bisa digunakan sebagai daya pemutar musik pribadi, meningkatkan pengisian baterai iPod sambil mendengarkan dan bernyanyi lagu-lagu favorit.

Dr Sang-Woo Kim dari Sungkyunkwan University di Seoul, Korea Selatan menjelaskan teknologi yang digunakan seperti speaker mengubah sinyal listrik menjadi suara. Untuk teknologi suara pada ponsel, ia menggunakan sebaliknya yaitu mengubah suara menjadi sumber daya listrik.

''Sejumlah pendekatan untuk mengais energi dari lingkungan dieksplorasi secara intensif. Suara yang selalu ada dalam kehidupan sehari-hari dan lingkungan diabaikan sebagai sumber daya. Hal ini memotivasi kami mewujudkan pembangkit listrik dengan mengubah energi suara dari percakapan, musik atau suara menjadi tenaga listrik,'' jelas Dr Kim.

Ia menggunakan sehelai kecil oksida seng dari lotion calamine yang digunakan untuk mengobati luka bakar ringan yang terjepit di antara dua elektroda.

Berkat alat itu sebuah suara menyerap di atas pad yang bergetar ketika gelombang suara memukul, sehingga menyebabkan kawat seng oksida kecil tertekan dan terlepas. Kemudian menghasilkan arus listrik yang dapat digunakan untuk mengisi baterai.

Ketika diuji coba perangkat ini dapat mengkonversi suara sekitar 100 desibel, setara dengan lalu lintas bising, misalnya kereta lewat atau suara mesin pemotong rumput.

Tetapi teknologi suara ini belum cukup mengisi baterai ponsel dengan sempurna. Para insinyur berharap bisa mengubah bahan yang terbuat dari kabel untuk menghasilkan energi yang lebih besar pada tingkat suara yang lebih rendah. (dailymail/*/OL-10) 

0 komentar:

Posting Komentar