Download

Kamis, 10 Maret 2011

Symbian OS™ - Sistem Operasi Handphone


PENJELASAN RINGAN TENTANG SISTEM OPERASI HANDPHONE 

Symbian OS™


Symbian OS
Netbook
Kali ini saya akan menjelaskan lebih detail tentang masing-masing sistem operasi untuk handphone, tentunya dengan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak terlalu formal, agar pesan yang ada dapat dimengerti dan dipahami oleh siapa saja. Sebenarnya sudah banyak artikel-artikel yang membahas tentang Symbian OS, cuma sebagian besar menggunakan bahasa formal seperti mau kuliah saja. Sebenarnya banyak sekali istilah-istilah dalam sistem operasi seperti, kernel, API, UI framework, JVM, namun disini tidak akan dijelaskan mengenai istilah tersebut, hanya garis besar dari istilah tersebut.
Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa sebagian besar ponsel pintar (smartphone) di dunia ini dikuasai oleh Symbian OS, karena sistem operasi ini didukung oleh vendor-vendor handphone terkemuka seperti Nokia dengan saham terbesarnya, Sony Ericsson, Samsung, Motorola dan Siemens. Jadi wajar saja jika Symbian OS merajai sistem operasi yang paling banyak digunakan pada smartphone di dunia ini.
Sistem operasi sebuah smartphone merupakan komponen software yang sangat-sangat penting, karena mengatur keseluruhan dari perangkat ponsel. Sebuah sistem operasi harus memiliki kemampuan multitasking, multithreading, real-time operasi, manajemen daya yang efektif, mempunyai code yang kecil, mudah menambah fungsi-fungsi baru, dapat digunakan kembali, modular, connectivity dan handal.

Pada awal mulanya di tahun 1998, symbian merupakan sebuah perusahaan patungan dari beberapa pemain di dunia ponsel yaitu Psion, Ericsson, Nokia, dan Motorola. Kemudian pada tahun 1999, Matsushita(Panasonic) bergabung kedalamnya. Pada tahun-tahun berikutnya banyak para pembuat ponsel yang mulai mengadopsi teknologi symbian. Tahun 2000, Sony dan Sanyo melisensi Symbian OS, tahun 2001 fujitsu dan siemens membeli lisensi juga. Tahun 2002 Samsung membeli lisensi, ditahun yang sama pula Siemens dan Sony Ericsson menjadi salah satu pemegang sahamnya. Samsung menjadi salah satu pemegang saham ditahun 2003. Di tahun 2004, Psion dan Motorola menjual sahamnya kepada nokia, sekarang Symbian dikuasai sebagian besar sahamnya oleh Nokia yang merupakan pemimpin didalam penjualan ponsel-ponselnya diseluruh dunia.
Ponsel pertama yang bersistem operasi Symbian OS adalah Ericsson R380 smartphone yang dikeluarkan tahun 2000. Dilanjutkan dengan dikeluarkannya dan diumumkannya ponsel-ponsel dengan sistem operasi symbian, seperti Nokia 9210 communicator dan Nokia 7650 di tahun 2001. Dilanjutkan dengan diumumkannya ponsel P800 buatan Sony ericsson yang mengadopsi symbian versi 7.0 ditahun 2002. Tahun 2003 mulai banyak ponsel-ponsel yang berbasiskan Symbian OS, diantaranya Nokia 3660, Nokia 3620, Nokia N-Gage, Nokia 6600, Nokia 7700, Sendo X, Siemens SX1, Sony Ericsson P900, BenQ P30, Foma 2102v, dan Motorola A920.
Versi Sistem Operasi Symbian bermula dari dikeluarkannya ponsel Ericsson R380 smartphone yang berbasis Symbian versi 5 yang merupakan versi unicode dari EPOC versi 5 dari Psion. Mana  ponsel yang pernah Anda pakai yang menggunakan Symbian OS versi awal???
ericsson r380
ericsson r380
Hampir semua ponsel Nokia terbaru saat ini menggunakan sistem operasi Symbian, seperti Nokia N-series, E-series, 5800, N97, Nokia X6, dan yang lainnya. Untuk mengecek versi Symbian Anda, ada dimenu About. Symbian OS memiliki beberapa versi, versi dukungan penuh Touchscreen, versi keypad (keyboard terbatas) dan versi full keyboard QWERTY, dan yang pernah dirilis, seperti Symbian UIQ untuk smartphone keluaran Sony Ericsson. Update Firmware diperlukan untuk memperbaiki bug-bug yang ada pada sistem operasi dan meningkatkan respon. Pernahkah Anda melakukan update firmware???
Untuk urusan social network, seperti Facebook, Twitter, Chatting, dan browsing, aplikasi yang tersedia untuk sistem operasi ini cukup lengkap. Untuk Facebook, Symbian OS sudah menyediakan aplikasi facebook khusus untuk Symbian OS terbaru. Untuk Twitter, Chatting dan browsing dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang disediakan dan dapat didownload secara gratis di OVI Store. Untuk urusan email, Nokia sendiri sudah menyediakan layanan Push Email melalui OVI mail layaknya seperti push email blackberry.
Menurut saya, Sistem operasi yang baik harus memenuhi beberapa kriteria, diantaranya adalah :
  • Fitur yang diusung oleh sistem operasi tersebut, semakin lengkap maka semakin baik. Saat ini harus memiliki fitur multimedia, hiburan (gaming), internet, fotografi, office (ini baru ponsel cerdas)
  • Kemudahan penggunaan (user friendly) juga sangat berpengaruh, buat apa punya handphone canggih tapi penggunaannya rumit dan membingungkan.
  • Dukungan Aplikasi sangat berpengaruh terhadap kelanjutan sebuah sistem operasi. Sistem operasi tanpa dukungan aplikasi pihak ketiga maka akan terasa kaku, dan terkesan membosankan. (bikin hidup makin gak hidup…hehehhe)
  • Respon dari sistem operasi tersebut juga penting, memang hal ini dipengaruhi juga oleh hardware dari ponsel yang ditumpanginya. Sistem operasi yang memiliki respon lambat pastinya akan bikin jengkel, “kok lemot banget neh hape”.
.
MULTIMEDIA
Dari sisi multimedia, Symbian OS memiliki fitur yang lengkap, dari pemutar musik dan video yang dapat memutar berbagai format (mp3,mp4,3gp). Disamping itu penggunaan aplikasi multimedianya pun terbilang mudah dan simpel, terdapat pengaturan equalizer untuk pemutar musik, dan memutar video secara fullscreen. Anda juga dapat menginstal aplikasi pihak ketiga untuk urusan multimedia.
GAMING
Untuk gaming, bagi para penggemar Nokia pasti tak asing dengan fitur game N-Gage. Fitur ini merupakan senjata utama nokia untuk memperkuat fitur gaming yang dapat berjalan pada platform Symbian OS, disamping game berbasis java juga masih tetap dapat dimainkan disini. N-Gage game memang patut diacungi jempol karena kualitas gamenya yang sangat baik untuk sebuah handphone, dan fitur ini tersedia untuk handphone menengah keatas keluaran Nokia. Untuk Symbian OS yang menggunakan teknologi touchscreen, masih belum banyak jenis game N-gage untuk teknologi tersebut.
INTERNET
Untuk urusan dunia maya, Symbian OS menggunakan Symbian Browser untuk urusan browsing di dunia maya. Browser ini sudah mendukung flash player untuk membuka web yang menggunakan flash, seperti game-game flash pada facebook (hanya sebagian), karena sudah menggunakan teknologi flash Lite 4. Kelemahan browser ini proses rendering (membuka halaman) memang terasa lama alias lemoot, dan untuk proses navigasinya juga merepotkan karena harus selalu loading halaman. Selain itu, Anda juga masih bisa menginstal browser pihak ketiga seperti Opera Mini, Opera Mobile for Symbian atau Skyfire. Symbian OS juga mendukung proses direct download untuk file-file yang Anda download.
OFFICE
Untuk aplikasi office, Symbian OS tidak menyediakan fitur untuk office. Jadi Anda harus menginstal aplikasi pihak ketiga untuk dapat membuka/membuat file-file office (Word, excel, powerpoint dan PDF). Ada aplikasi seperti Quick Office untuk dapat mengeksekusi file-file office. Kecuali seri Symbian untuk handphone komunikator keluaran Nokia, sudah terinstal aplikasi pihak ketiga untuk keperluan office application.
APLIKASI
Aplikasi-aplikasi yang tersedia untuk Symbian OS sangat banyak, semuanya tersedia di OVI Store, baik yang berbayar maupun gratis.
Secara garis besar, Symbian OS merupakan sistem operasi yang baik, dimana selalu mengalami kemajuan disetiap versi baru yang dirilis. Dari versi awal hingga sekarang yang paling tampak adalah perubahan dan pengembangan dari fungsi yang disesuaikan dengan ponsel yang beredar. Kemudian dari sisi interface dan kemudahan, jelas sekali bahwa Symbian OS telah memenuhi syarat untuk menjadi sistem operasi yang mudah digunakan dan memiliki tampilan antarmuka yang baik serta dapat dikostumisasi. Respon yang dimilikinya juga baik, pastikan Anda mengupdate firmware hape Anda untuk meremajakan sistem operasi diponsel kesayangan, biar lebih kenceng n stabil.
Berikut ini adalah screenshot dari Symbian OS
Symbian OS - Tampilan HomescreenSymbian OS - Tampilan Homescreen

Symbian OS - Tampilan Menu Utama
Symbian OS - Tampilan Menu Utama
Symbian OS - Tampilan aplikasi yang sedang berjalan
Symbian OS - Tampilan aplikasi yang sedang berjalan
Symbian OS - Tampilan pada salah satu aplikasi yang dijalankan
Symbian OS - Tampilan pada salah satu aplikasi yang dijalankan
Berikut ini video yang sedikit menggambarkan tentang Symbian OS, saya ambil contoh milik Nokia X6:
.
Lalu Symbian OS memiliki kemampuan seperti apa??? Berikut adalah kemampuan-kemampuan penting yang dimiliki Symbian OS yang dapat menangani kebutuhan akan masa depan:
  • Integrasi menyeluruh antar contact info, messaging,browsing dan telepon wireless.
  • Messaging (internet mail dengan POP3,IMAP4,SMTP,MHTML), standar attachment termasuk Microsoft word doc, Fax, Text messaging dengan SMS.
  • Protokol telepon bergerak (2G voice dan circuit-switched data, 2.5G packetswitched data, 3G, HSDPA, dan SMS).
  • Protokol komunikasi (TCP/IP,WAP,Bluetooth,IrDA,serial)
  • Security (enkripsi, secure protokol komunikasi termasuk HTTPS,WTLS dan SSL), certificate-base install aplikasi.
  • Engine aplikasi (contact,schedule,messaging,browsing,voice,office,utility dan system control)
  • Object exchange (OBEX untuk appointment dan business card)
  • Multimedia (mendukung beberapa format audio,video dan image).
  • Internasional lokalisasi (unicode karakter,handwriting recognition).
  • Programming dan content development (C++,Java,WAP dan web)
  • Sinkronisasi dengan PC
  • Support beberapa tipe tampilan (keyboard base dan/atau pen-base)
Symbian OS memiliki beberapa kelebihan diantaranya sebagai berikut:
  • Small, kaya feature.
  • Platform terbuka untuk aplikasi-aplikasi third-party.
  • Konektifitas yang baik dengan perangkat lain.
  • Platform yang berkembang.
  • High performance, 32 bit OS dengan preemptive multitasking.
  • Long battery life.
  • Dukungan dan komitmen dari pembuat ponsel dunia.
  • Aplikasi yang dapat dirancang sekali dan berjalan pada beberapa device.
  • Symbian OS ditulis dalam C++, sistem operasi seluruhnya berbasis sistem object oriented sehingga flexible, efisien, reuseability, dan extendability.
  • API (Application Programming Interface) yang jelas, memudahkan membuat aplikasi-aplikasinya.
  • Mempunyai multitasking dan manajemen memori yang efisien.
Symbian OS juga pasti ada kekurangannya, yaitu:
  • Berbayar (license OS), makanya handphone Nokia sedikit lebih mahal .
  • Mudah diserang virus
  • Mudah dirusak
  • Banyak aplikasi yang menyaratkan versi tertentu dari Symbian
Penilaian saya :
Sistem dan Performa = 8
Fungsi dan fasilitas = 9
Dukungan Aplikasi = 8.5
Kemudahan = 8.5

1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites