Download

Selasa, 29 Maret 2011

Konsep manajemen proses sistem operasi Symbian

Symbian OS mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori. Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secara event-based, artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu. Namun perlu dipahami sistem operasi ini memang ditujukan untuk diinstal pada peralatan mobile dengan keterbatasan sumber daya. Multithread dan multitasking memberikan kemampuan Symbian OS untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Namun khusus ini, adanya preemptive multitasking kernel akan memberi tiap-tiap program suatu pembagian waktu pemprosesan yang dilakukan bergantian dengan cepat sehingga nampak bagi pemakai seolah-olah proses ini dieksekusi secara bersamaan. Untuk itu telah didefinisikan penjadwalan berdasar prioritas tertentu untuk menentukan proses mana yang berjalan terlebih dahulu dan proses apa berikutnya serta berapa banyak waktu akan jadi diberi.
Layanan sistem panggilan
Tiga metode umum yang digunakan dalam memberikan parameter kepada sistem operasi :
- Melaluiregister
- Menyimpan parameter dalam blok atau tabel pada memori dan alamat blok tersebut
diberikan sebagai parameter dalam register
- Menyimpan parameter (push )ke dalam stack (oleh program), dan melakukan pop off pada
stack (oleh sistim operasi)
Memberikan Parameter dalam Tabel dibawah ini:

Pada dasarnya System Call dapat dikelompokkan dalam 5 kategori sebagai berikut
1. Kontrol Proses
- selesai, abort
- Load, eksekusi
- Membuat dan mengakhiri proses
- Mengambil dan mengeset atribut proses
- Menunggu waktu
- Wait event, signal event
- Alokasi dan pengosongan memori
2. Memanipulasi File
- Membuatdanmenghapusberkas
- Membuka danmenutupberkas
- Read, write, reposition
- Mengambildanmengeset atribut berkas
3. Memanipulasi Device
- Meminta device, melepaskan device
- Read, write, reposition
- Mengambil dan mengeset atribut
4. Information Maintenance
- Mengambil dan mengeset waktu dan tanggal
- Mengambil dan mengeset sistem data
- Mengambil proses, berkas atau atribut device
- Mengeset proses, berkas atau atribut device
5. Komunikasi
- Menciptakan, menghapus hubungan komunikasi
- Mengirim dan menerima pesan
- Mentransfer status informasi
- Attach atau detach remote device
– Komunikasi dapat dilakukan melalui message passing atau shared memory
Mekanisme Komunikasi dapat dilihat dalam gambar ini :


konektivitas Mobile di garis depan inovasi, tampaknya ponsel lebih sehari-hari menggunakan WiFi, 3G variasi, koneksi EVDO, / GPRS Edge kemampuan, WiMax dan bentuk lain dari berkembang standar konektivitas. Symbain v9.5 Namun tidak mencari untuk menemukan kembali roda, melainkan untuk “tempat semua roda pada sumbu yang benar” sehingga untuk berbicara. Dengan Symbian v9.5 Freeware teknologi nirkabel saat ini kami gunakan adalah terintegrasi, membentuk satu unit kohesif kebahagiaan konektivitas.
Symbian Berbasis Layanan Lokasi, tapi pertama-tama kita perlu memahami apa Freeway, menurut Symbian “jalan bebas hambatan adalah baru dan tak tertandingi IP jaringan arsitektur di Symbian OS, memberikan kecepatan broadband di saku Anda. “
Pertama gambar sambungan data anda berada pada dimensi polos 1, sebagai informasi akan diteruskan ke perangkat Anda yang biasa digunakan, sehingga informasi baru tidak dapat diteruskan sampai informasi lama ditinggalkan. Sekarang bayangkan jika jelas bahwa menjadi lebih tiga dimensi. Sebagai salah satu paket data masuk ke model 3D baru ini dikirim ke salah satu bagian dari dataran 3D dan terus menggunakan sektor yang sampai tindakan dihentikan, sementara yang lain sepotong data yang dikirim ke bagian lain dari biasa untuk memanfaatkan yang berbeda bagian dari ketersediaan ruang. Pada dasarnya dengan memecah-belah informasi ke dalam paket dataran yang berbeda informasi dapat dikirim secara bersamaan tanpa mengganggu satu sama lain, sedangkan menawarkan dimensi 1 hanya bisa melewatkan data dalam satu arah, satu paket data pada suatu waktu.
Contoh dalam kehidupan, duduk di toko buku favorit Anda Anda menerima panggilan melalui Voice Over IP (VOIP), ketika Anda menjawab panggilan perangkat berbasis Symbian Anda menempatkan panggilan VOIP dalam data sendiri polos, jauh dari data lain aktivitas Anda yang mungkin terjadi pada saat yang sama. Mengapa hal ini penting? Katakanlah Anda menerima pesan MMS saat panggilan VOIP Anda, biasanya Anda akan menunggu sampai panggilan Anda berakhir sebelum melihat pesan tersebut, sekarang dengan Anda panggilan VOIP yang ada “di luar” dari data stream MMS Anda memiliki kemampuan saat menggunakan headset Bluetooth ke melanjutkan panggilan Anda saat melihat MMS, atau saat memeriksa email Anda, browsing internet, atau download dan upload file simulataneously. Lebih baik lagi, Anda dapat mencapai semua tujuan tanpa kemacetan jaringan dan akhirnya Anda dapat menghindari slowdowns jaringan.
Jika Freeway berhenti di sana masih akan menjadi fitur rapi, tapi masih ada lagi. Katakanlah Anda memutuskan untuk meninggalkan Toko Buku dan kepala ke rumah Anda. Setelah meninggalkan hotspot WiFi koneksi Anda biasanya akan hilang, jika Anda streaming musik ini dapat dengan mudah menyebabkan musik Anda untuk merebut bermain setelah Anda keluar dari jangkauan jaringan WiFi. Untungnya’s Freeway Symbian terus menerus memonitor koneksi data Anda dan membantu Anda menentukan jaringan data akan bekerja terbaik untuk memilih aktivitas Anda. Sebagai contoh, sinyal WiFi menjadi lemah, sementara 3G sinyal yang kuat dan cepat, jalan tol aplikasi Symbian menyadari informasi ini data dan seemlessly switch Anda untuk koneksi 3G seperti yang Anda berkendara dari toko buku, tanpa ada jeda dalam streaming media Anda. Jika Anda tidak memiliki akses 3G atau tidak tersedia Symbian Freeway akan mencoba untuk menghubungkan Anda dengan layanan mana yang Anda gunakan, dan yang tersedia.
Freeway juga dapat dikonfigurasi oleh pengguna, misalnya, jika Anda tidak ingin membayar untuk 3G akses saat itu tidak diperlukan, mungkin karena Anda tidak memiliki rencana data tak terbatas, Anda dapat memberitahu Freeway untuk terhubung ke WiFi hotspot atau sambungan rumah bila seseorang menjadi tersedia, atau untuk menghindari koneksi 3G bersama-sama.
Jadi sekarang Anda tiba di rumah dan Anda memiliki koneksi WiFi di rumah Anda, sebagai perangkat Anda menyadari di dalam jangkauan koneksi WiFi itu beralih dari modus 3G, sambil download dan streaming file musik, bersama dengan panggilan VOIP Anda terus uninterupted.
Pada review cepat, Arsitektur berbasis IP Freeway aplikasi Symbian Symbian v9.5 memungkinkan pengguna kemampuan untuk seemlessly beralih antara semua koneksi data yang tersedia tersedia melalui perangkat mereka. Symbian telah berjanji bahwa unit akan mendukung berbagai terluas koneksi tersedia, yang sejauh ini mencakup Edge, GPRS, 3G dan Super3G, EVDO, WiMax dan LTE, namun sebagai bidang tersedia koneksi terus tumbuh teknologi terletak di dalam jalan tol akan memungkinkan untuk sambungan lebih untuk memanfaatkan keadaan perangkat lunak seni telah dilaksanakan, alasan untuk ini adalah bahwa teknologi tidak didasarkan pada kecepatan tapi bagaimana kecepatan koneksi yang digunakan. Freeway bukanlah kecepatan baru jalan baru untuk melihat bagaimana data kecepatan ditangani dan itulah yang paling menggairahkan kita tentang alat baru di arsenal Symbian.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites